Tips Kesehatan

makanan sehat, pola hidup sehat, diet sehat, cantik sehat

Kesehatan Remaja

Banyak hal yang menarik bila membahas tentang masalah Kesehatan Remaja. Diantaranya populasi yang cukup besar yaitu 18,3% dari total penduduk

Kesehatan Remaja

Pentingnya Kesehatan Untuk Remaja

HIV/AIDS, Gejala  dan Cara Penularannya – HIV adalah kependekan dari Humman Immunodeficiency Virus yaitu virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia. Sistem kekebalan dianggap menurun ketika sistem tersebut tidak dapat lagi menjalankan fungsinya memerangi infeksi dan penyakit- penyakit. Orang yang kekebalan tubuhnya menurun (Immunodeficient) menjadi lebih rentan terhadap berbagai infeksi, yang sebagian besar jarang menjangkiti orang yang tidak mengalami defisiensi kekebalan.

Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan defisiensi kekebalan yang parah dikenal sebagai “infeksi oportunistik” karena infeksi-infeksi tersebut memanfaatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah.  Orang yang mengidap HIV di dalam tubuhnya disebut HIV + (HIV positif) atau pengidap HIV. Orang yang telah terinfeksi HIV  dalam beberapa tahun awal tidak akan menunjukkan gejala, akan tetapi mempunyai potensi sebagai sumber penularan terhadap orang lain.

Banyak hal yang menarik bila membahas tentang masalah Kesehatan Remaja. Diantaranya populasi yang cukup besar yaitu 18,3% dari total penduduk. Sementara itu yang paling unik adalah pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun sosial di mana mereka memasuki masa yang penuh dengan tingkat stres yang tinggi, yaitu masa Pubertas.

Dibanding dengan kesehatan pada golongan usia yang lain, masalah kesehatan remaja lebih kompleks karena terkait dengan masa pubertas. Sebuah hasil riset Departemen Kesehatan pada 2007 menunjukan bahwa angka anemi pada anak usia di bawah14 tahun 9,8% dari 43 juta usia remaja. Sementara itu pada anak usia di atas 15 tahun, pada perempuan 19,7% dan pada laki-laki 13,1%.

Sedangkan sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh lembaga pemerintah pada tahun 2010, menunjukkan bahwa usia pertama kali merokok dikalangan remaja ada di rentang 15-19 tahun. Pada survei tahun 2007 jumlah perokok di rentang usia tersebut sekitar 33% sementara bila dibandingkan dengan survey terbaru terjadi peningkatan sebesar 10% menjadi 43,3% dari jumlah partisipan.

Demikian juga prevalensi hubungan seks pranikah. Berdasarkan laporan triwulan Kemenkes, sampai dengan September 2011 persentase kumulatif kasus AIDS terbesar adalah pada kelompok umur 20-29 sebesar (47,8%).

Kesehatan Remaja Kesehatan Remaja dan Kesehatan Reproduksi Kesehatan Reproduksi Masalah Kesehatan Remaja
More from tips hidup sehat

Leave a Reply

Back to Top